Rabu, 09 Maret 2016

Nyesek

Nyesek bisa disebabkan galau yang sangat parah. Tapi kalau lebih dari 2 minggu itu kemungkinan gejala bronkitis atau TBC akut.

Biasanya ak sering di bikin nyesek sama pasien. Pasien bandel 2016 ini lagi trend. Bandel biasa sih gpp ya. Tapi kalau bandel nya menyebabkan kematian? Awal tahun udah ada kematian ibu hamil 2 orang. Kematian bayi 3 orang. Salah satu penyebab adalah tetanus. Gara2 nya ga pernah periksa hamil, dan giliran bersalin perginya ke dukun. Ini jadi sorotan. Bukan hanya angka nya yg di sorot ya. Tapi juga tenakes sebagai ujung tombak minimalisasi AKI dan AKB. Kesan nya ini tenakesnya kerja apa ngga gt ya.

Nyesek banget kan.

Padahal di luar sana asal pada tau aja. Ibu2 hamil meskipun periksa hamil itu udah di gratisin, tetep aja ada yg ga mau periksa. Pernah itu pemeriksaan hamil gratis di desa, ibu2 hamil nya satu pun g ada yang datang. Giliran malam hari ada orkes dangdut ibu2 hamil pada nonton smua. Nyesek dan perih rasanya.


Ini membuktikan bahwa kesehatan sudah tidak menarik lagi di mata masyarakat. Apalagi generasi muda jaman sekarang. Kesehatan itu sudah ngga dianggep. Anak2 muda ga tertarik sama kesehatan. Ga ada anak2 muda ngumpul di kafe bahas hepatitis B. Atau kalau mau salaman pake tanya dulu..."eh..kamu sakit herpes apa ngga?"...., atau sebelum pacaran calon pacar nya diajak ke laboratorium di cek dahak dulu..., itu semua ngga ada mann.


Fenomena ini mendorong kami untuk berinovasi bagaimana caranya mempromosikan kesehatan supaya bisa diterima di masyarakat. Mungkin nanti salah satunya promkes bisa masuk ke ranah hiburan. Sinetron misalnya. Jadi nanti akan ada sinetron judulnya tukang bubur hipertensi. Atau ganteng2 gagal ginjal. Bahkan di dunia perfilman ya. The Raid nanti ada adegan iko uwais ngelawan mad dog trus nanti iko uwais kalah...berdarah2 trus pergi ke puskesmas...berobat pake BPJS....trus campaign nya.."iko uwais aja pake BPJS...masa kamu ngga?!"...gt mann...

(Lumayan lah udah ngga nyesek)

Tidak ada komentar:

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)
:)

selamat datang di blog aku

selamat datang di blog aku
menjadi pribadi yang baik itu banyak efek positif nya:) dan banyak cara ngedapetinnya. selamat mencari:D