Rabu, 14 Oktober 2009

Hyperhidrosis

Waktu SMP aku punya temen N****g nama nya. Kalo lagi upacara bendera, posisi istirahat di tempat (dengerin ceramah upacara) dan tiba2 ada temen cowok di belakangnya nyeletuk "walah banjir", itu artinya tangannya lagi banyak berkeringat sampe netes2 ..hehe… Ato kalo n****g lagi jalan sama temen2 cewekku dan mereka ga mau digandeng tangannya mereka pasti bilang "hehe, tanganmu basah" hehe….
Emang bener…! tangan dan kaki n****g bisa dibilang penghasil keringat yang super buanyak! Bisa sampe segelas kali kalo ditadahi hihi..
Temen2 yang ga tau akan bilang gini :’wah n**g, tangannya keringetan, jantung lemah tuh!’..huuh..! masa dia dibilang jantung lemah? wong lari keliling lapangan berkali2 aja n****g kuat kog. Apalagi pas di test lari marathon ngelilingin sak LC dia tercepat kog. weks…! masa gitu dibilang jantung lemah…sbagai temennya ak ga terima lah yee…
Akhirnya tiba2 aku ingat kejadian itu. Dulu saking ga terima n****g dibilang jantung lemah, suatu ketika aku nemu artikel di pojok sehat R**** Bali , waktu itu lagi bahas all about Hyperhidrosis…alias kelebihan kelenjar keringat…Naah loo..N****g bukan jantung lemah ..tapi kelebihan kelenjar keringat…dan waktu ak tanya n****g cuman di tangan n kaki doank..
Apalagi aku inget cerita Ibu ku juga seperti itu, dia pernah cerita dulu pas kecil. ibuku malah aneh2…gara2 saking takutnya tentang ‘kelainan’ ibuku itu,oleh simbah ku ibu ku pernah beberapa minggu disuruh makan bawang ‘banci’ (ditelen mentah2..ktnya “duuh baunya ga uenaak”), udah gitu suruh makan pala yang udah digerus segala (ktnya”paaiiiit amiir rasanya”)…akhirnya ibuku ogah..wong ga sembuh2 juga(sampe sekarang)…
Blom lagi ketakutan orang2..katanya kalo yang punya hyperhidrosis kaya ibuku gitu..susah dapet kerja lah, ga bisa berurusan dengan mesin ketik lah, ga bakalan lulus tes kesehatan lah…buktinya?? Dia bisa2 aja asal pinter …weee..
Kemudian ak kembali googling artikel Hyperhidrosis, kaya yang ibuku dan n****g temen ku alami ini, artinya ada kelebihan kelenjar penghasil keringat yang kita punya..dan umumnya ada di area2 tertentu : tangan, kaki, ketiak, bahkan yang parah bisa sekujur tubuh. Kalo misalnya orang normal hanya menghasilkan keringat 1ml per detik, bisa diibaratkan orang hyperhidrosis menghasilkan 6ml per detiknya…
Kata Dokter Dr. Anna Ulfah Rahayoe, SpJP : Pada orang- orang yang mengalami hyperhidrosis, stimulasi saraf otonom terhadap kelenjar keringat berlebihan, sehingga keringat mengucur di telapak tangan/kaki atau ketiak. Mungkin inilah yang terjadi pada diri anda. Jangan panik, ada sekitar tiga juta orang di Amerika yang mengalami hal seperti anda.
Cara mengatasi masalah ini ada beberapa anjuran: oleskan cairan drysol pada bagian tubuh yang mengalami keringat berlebihan, minum ramuan China, teh sage, obat golongan beta-blocker, anticholenergic, atau injeksi Botox. Yang cukup banyak dikerjakan untuk terapi permanent adalah: bedah EST (Endoscopic Thoracic Sympathectomy).
Klo mo tau lebih banyak ada disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Hyperhidrosis
Gara2 punya hyperhidrosis ini aku perhatikan n****g paling males disuruh bikin kerajinan tangan, menganyam, dsb…katanya”abisnya baru megang alatnya bentar aja..tanganku udah basah”…”Dan paling sedih kalo masa2 ujian, harus persiapan extra..!Kalo anak2 lain nyiapin pensil+setip, aku malah harus bawa sapu tangan, kertas kosong buat alas tangan, sama tisu yang banyak…Fiuuuh! Sabaar….! Blom lagi kalo ada jawaban ujian yang salah dan harus dihapus…harus extra hati2..takut kertasnya sobek, palaagi kalo kena keringatku”… Hehe…mo gimana lagi? Tp harus bersyukur juga neng Alhamdulillah anggota tubuh yang lain sehat semua…^-^ (in my memory)

Judulnya mendramatisir banget ..hehe piss n**g

Tidak ada komentar:

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)
:)

selamat datang di blog aku

selamat datang di blog aku
menjadi pribadi yang baik itu banyak efek positif nya:) dan banyak cara ngedapetinnya. selamat mencari:D