Rabu, 01 April 2015

Aku Bukan Minoritas

Aku bukan mau ngomongin masalah rasis yah.

Tapi mau ga mau ini semua harus di klarifikasi. Kalau aku bukan minoritas di bali karena hijabku lagi. Setiap ditanya kamu orang mana, aku selalu jawab nya bali. Maka kalau ditanya secara resmi, kalau bisa aku pengen jawab juga kalau aku suku bali.

Dari janin aku udah di dengerin instrumen2 bali. Mami aku saat hamil aku itu demen banget nonton pertunjukan tari bali dan ngedengerin instrumen bali. Baru lahir aku udah punya orang tua angkat orang bali kasta agung. Aku udah tinggal di griya agung. Punya nini selir yang tiap galungan aku sungkem-in. Dan makanan padat yang aku makan pertama kali itu telur gong bali.

Kurang bali apa coba aku ini.

Aku ini anak bali yang hijaber sejati.

Dan ini tantangan di daerah tempat aku tinggal. Iyah. Padahal aku tinggal di tanah kelahiran aku sendiri. Tempat dimana aku mengabdikan diri. Meskipun kedua orang tua aku suku jawa, tapi aku mensegel diriku sendiri aku ini suku bali. Aku udah bali banget.

Keinginan aku untuk klarifikasi kalau aku ini orang bali adalah saat aku SMA. Aku sekolah di SMA negeri. Dimana hampir semua siswa nya orang bali asli, hindu. Sedangkan aku, keturunan jawa, muslim, hijaber lagi. Aku satu2nya siswi yang hijaber di SMA aku dulu. Jadi aku ngerasa aku ini minoritas di dalam minoritas di dalam minoritas. Aku himpunan terkecil. Minoritas tipis banget beda nya dengan langka. Sampe badak bercula satu aja kasihan ngelihat aku. Saking langka nya.

Mestinya aku dilindungi negara dong ya.

Maka mulai saat itu aku klarifikasi aku bukan minoritas. Meskipun aku berhijab, darah ku jawa, tapi otak aku bali banget.





Tidak ada komentar:

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)
:)

selamat datang di blog aku

selamat datang di blog aku
menjadi pribadi yang baik itu banyak efek positif nya:) dan banyak cara ngedapetinnya. selamat mencari:D