Selasa, 28 Juli 2015

Air Terjun Toroan

Kali ini ak jalan ke Madura buat datengin air terjun Toroan yang ada di daerah Sampang dan makan bebek Sinjay di Bangkalan.

Kebetulan ak lg habis pelatihan di Surabaya and iseng aja pengen ke Madura. Ini atas rekomendasi ponakan aku Lintang Aprilia AH. Jadi ak berangkat dr Jogja naek kreta ke st.Gubeng Surabaya, trus nyambung becak ke halte pangsud nyambung lagi dg taxi ke tempat kakak perempuan aku di asrama polisi daerah wage sidoarjo. Dari Sidoarjo, butuh waktu sekitar 3-4 jam dengan mobil menuju bangkalan. Rombongan aku ada ade aku Lanang Sumarjana, tiga ponakan aku, dua kk aku mb Enny dan mb Diah Soeprobo. Lumayan rame hahaahaha..

Air terjun Toroan ini terletak di Desa Ketapang Daya, Kec. Ketapang, dengan jarak ± 43 km dari pusat kota ke arah utara dengan akses jalan menuju lokasi di jalur transportasi umum Sampang - Ketapang – Sokobanah. Kalo kemaren sih karna ak kebetulan ada driver handal ponakan aku sendiri yang ngerti jalan dan ade aku (lagi). Meskipunn beberapa kali balik tanya warga setempat, berkali kali balik arah demi menemukan tempat ini.

Nih ak kasih arah2 biar ga nyasar. Karena air terjun ini meskipun lokasinya di pinggiran jalan, tidak ada tag penunjuk tempat nya. Kalau dari arah Suramadu terus mentok pertigaan, km bisa ambil belokan ke kanan ke arah Sumenep dan tinggal luruuuusss aja ke Toroan, sampai ada Lampu merah sampang, belok kiri deh dan itu uda mulai masuk ke jalan perkampungan trus berenti dipinggir jalan trus km turun kebawah then parkir trus jalan sekitar 100 meter ke TKP tanpa dipungut biaya.

Air terjun ini di pinggir jalan raya loh jadi ga ky kebanyakan Air Terjun yang harus nempuh perjalanan hutan belantara. Buat bisa ke air terjun Toroan, km tinggal parkir kendaraan trus jalan deh kira-kira 100 meter jalanan batu2 sambil liat penambang pasir trus sampe deh.

Sambil ak tanya-tanya warga setempat, Air Terjun Toroan ini ternyata air terjun satu-satunya yang ada di Kabupaten Sampang dan di Pulau Madura, sumber mata Air Terjun Toroan berasal dari sungai sumber payung yang berada di kecamatan Ketapang Timur, dengan posisi tinggi mencapai + 20m dari permukaan air laut.


Air Tejun Toroan ini unik banget. Krn letak jatuh air terjunnya itu langsung bermuara ke laut lepas pantai utara alias ke Laut Jawa. Jadi kalo buat para Sunset Hunter, tempat ini cocok banget buat nyalurin bakat jepret jepret gambar. Tapi sayang banget kemaren itu ga sampai lihat sunset berhubung berkejaran dengan waktu.

Unik banget kan. jadi sewaktu kami jeprat jepret view yg indahnya ga ketulungan dg mondar mandir ngelewati air and karang batu yg tajem buat ambil gambar.

Dan anehnya nih, meskipun letaknya di bibir pantai, tapi ombaknya ga sampai ke Air Terjun. View alam sekitar Air Terjun banyak ditumbuhin pohon rindang yang nangkring di atas Air Terjun.

Tapi yang ak denger dari beberapa sumber, atasnya air itu ada makam gitu tapi ak sendiri belom liat langsung.

Tapi nih guys, tempat wisata ini sepertinya masih belum mendapat perhatian maksimal dari pemerintah setempat. Karena di antara batuan dan karang yang keren masih ada banyak sampah dari bungkus odol, underwear, sampai kain sarung bekas. (ih...)

Over all view nya bagus juga buat foto2 bersama keluarga tercinta.

Tidak ada komentar:

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)
:)

selamat datang di blog aku

selamat datang di blog aku
menjadi pribadi yang baik itu banyak efek positif nya:) dan banyak cara ngedapetinnya. selamat mencari:D