Sabtu, 31 Mei 2014

late post. saat pertama kali urus sim A

late post. berhubung ada teman yang menanyakan proses cari sim A maka ak posting aja^^




Setelah cari info sana-sini, hari ini ak berangkat ke polres Negara(depan terminal negara). Inilah hari dimana ak akan membuat SIM A tanpa calo :D Sebelum ke polres, mampir dulu dong ke poliklinik dekat terminal itu jg(dokter hertih) untuk minta surat keterangan sehat. Daftar, masuk ruang periksa, dokternya masuk sebentar, nyuruh saya nimbang badan, 58kg. Hehe.. ga gemuk2 amat lah, cuma ‘tinggal’ ngecilin perut :P terus dokter masuk lagi, diukur tinggi saya. Lho, kok 159cm ya? Selama ini bukannya 160cm? Mungkin menyusut. Wah berarti beratnya ngga ideal atuh kalau 58kg? Harus turunin 8 kilo lagi.. hihihi..

Cepat, beres. Bayar 20ribu. Keluar dengan senyum dan semangat penuh harapan. Kenapa sih girang sekali mau bikin SIM doang. soale selama ini ak ga sempet urus SIM. banyak temen polisi yang memudahkan ak cari SIM tapi ak tolak coz pengen menikmati cari SIM di jalan yang benar hehe. juga selama ini ak dengan pedenya nyetir kesana kemari tanpa SIM. jadi tiap ketemu pak polisi bawaannya degdegan aja. apalagi ketemu polisi yang ganteng hehe*halah ngaco

Berangkat lagi ke Polres, sembari mikir, nanti kalo udah sampe sana parkir di mana ya?hehe Masa parkir deket kantor polisinya? Ketauan atuh nyetir ngga bawa SIM? Hahahah.. parno banget sih.. yah lihat nanti saja lah. (Ketemu anak-anak TK yg lagi baris.. haa.. lucu-lucunyaaa…).

Sampe di dalem polres, bener deh bingung cari parkir. Banyak banget mobil parkir. Ini pada bikin SIM semua? (mulai self-centered, hehe) Keliatan di dalam halaman kantor polisinya banyak tempat parkir kosong. Tapi masa sih parkir di dalam? Akhirnya parkir lumayan jauh.. (deket kantin polres dalam hahaha). Dalam perjalanan dari parkiran depan kantin masuk ke tempat pencarian SIM ak melewati ruangan tempat ibu2 masak nasi yang menebarkan bau harum sedap ayam dan ikan goreng yang masih hangat.. hmmmm.. kruucuukk… jadi inget kalo tadi belum sarapan. Ah gimana sih, mau ujian nggak sarapan dulu? Mulai cilang-cileung nyari warung yang jual cemilan… Eh tau-tau ada bapa-bapa negor..”mau kemana mbak?”, mungkin karena ak keliatan bingung yah? Padahal mah bingung nyari makanan yang bisa dibekel masuk ke dalem. “bikin SIM,”, masih sambil matanya nyari-nyari tukang jual cemilan.

“Sendiri?”,kata si bapak. Mulai curiga dia calo.

“Iyah..”, mulai berjalan menjauh. Hihihi ngga mau ditodong sama calo.

“Mau sendiri aja? Ya udah jalan terus kesana lurus..”

Pfuih.. ngga ditodong..

“iya, pak.. makasih..”

Udah masuk ke halamannya nih, tapi masih bingung cari makanan kecil. Beli aqua dulu aja ah di tukang the botol. Begitu masuk ke dalam (yang nanya dulu sama bapak-bapak polisi mana tempat bikin SIM, hehe petunjuk bapak-bapak yang saya tuduh calo tadi agak ngga digubris. Maaf ya pak), ternyata banyak warung makan dan jajanan. Oh iya ya, polisi juga butuh makan. Hmmmh. Eh, lihat papan petunjuk bikin SIM dulu dong.. harus bawa apa ya? Surat sehat ada. KTP ada. Ya udah masuk nyari loket 1. Pendaftaran. Sekitar jam 9.30 sekarang. ak nyerahin surat sehat dan KTP. Ternyata KTPnya harus difotokopi dulu. Ada tuh fotokopian di deket situ. Jadilah fotokopi ktp dan beli roti sarikaya. Nyam. Lumayan buat ganjel. Ke loket 1 lagi. Nyerahin surat sehat, KTP asli dan fotokopi KTP. Terus nunggu ‘kartu jalan’-nya di print. ‘kartu jalan’ ini sebutan saya aja, ngga tau namanya apa. Wujudnya sih kertas print-an kecil panjang yang isinya langkah-langkar prosedur bikin SIM baru:

Ujian teori.Ujian praktek 1.Ujian praktek 2 (untuk SIM B)Membayar administrasi di bank Melakukan foto mengambil SIM

Sempat melirik ke loket pembayaran, SIM baru 120ribu, perpanjangan 80ribu. Ayo, sekarang ke loket 2 untuk ujian teori. Oh ternyata nunggu yang ujian SIM C beres dulu. Yang bikin SIM C kayanya 2 kali lipat yang bikin SIM A. Ada gambar rambu2 di ruang tunggu, tapi tulisannya kecil2, wah ngga kebaca, padahal mau belajar dulu maksudnya. Giliran SIM A masuk. Ujian teorinya udah ngga pake bolpen dan kertas lagi. Pake pencet tombol.

Begitu masuk, di kasih nomor kursi. Masing-masing kursi ada tombol ‘benar’ dan tombol ‘salah’nya. Di depan ada layar untuk memutar ‘film’ ujian. Opening-nya cukup bodor. Ada orang naek motor (yang bikin pengen ketawa sih penampakan si pengendara motor ini, hehe), dia berhenti di lampu merah tapi melewati garis batas. “priiitt..” polisi nyemprt, dia mundur. Masih di luar batas, “priiit..” mundur lagi. Masih di luar batas. Sekali lagi baru dia di dalam batas garis. Terus ada tulisan, (kira-kira seperti ini) “diawasi saja tidak tertib apalagi tidak diawasi”. Oke deh pak. Oiya filem pendek yang jadi opening tadi diiringi soundtrack-nya Mission Impossible. Kekekekekkk..

Jadi cara ujiannya, di layar ada potongan-potongan ‘film’ (kadang hanya foto-foto), lalu ada suara mbak Polwan yang bilang “Benarkah yang dilakukan pengemudi merah (atau biru atau putih)?”, lalu kita tinggal pencet jawabannya di tombol tadi. Di layar sebelah kanan nanti kelihatan kita sudah jawab atau belum. Gituuuh…. Soalnya ada 30, waktu untuk menjawab tiap pertanyaan 15 detik.

Ujian teori berakhir lancar. Kayanya tadi salah 4. Kurang teliti. Hihi. Alhamdulillah lulus. Keluar, nunggu ujian praktek. Nah di sini yang lama, karena ternyata yang ujian SIM A nunggu Ujian praktek SIM C beres. Kan ujiannya di tempat yang sama. Wah, harusnya dibikin khusus SIM C dan SIM A nih… (mulai ngatur). Jadi kalau bikin SIM A mending datang siang sekalian, jam 11-an. Kira-kira beres ujian teori langsung ujian praktek deh.

Sambil nunggu nonton yang ujian SIM C. wah kalo ikut ujian praktek sim c ngga mungkin lulus sepertinya, pertama muter-muter kaya angka 8. yang ini mungkin bisa, tapi tes yang kedua; jalan zig zag melewati 6 patok. Heuuumm… lewat kayanya.

Jam 11.45 nih, baru dipanggil ujian praktek SIM A. Disuruh ngumpul dan diberi penjelasan. Enakeun ngejelasinnya. Oh, ternyata ujiannya prateknya satu, yang kedua untuk SIM B, Ujian praktek SIM A,’cuma’ ujian keluar masuk garasi; ada garasi-garasian yang di bikin pake patok2, lebih mirip gawang sih. Ukurannya beda dikit sama ukuran mobil. Oiya, mobilnya APV, manual. Ternyata boleh pake mobil sendiri. Kembali ke tes garasi tadi; jadi pura-puranya garasi di tengah, mobil start di situ. Lalu, mobil keluar ‘garasi’ belok kanan masuk ‘gawang’ (ini ada pembatasnya juga, kaya dikotakin gitu loh), abis situ mundur kanan kembali ke ‘garasi’. Lalu maju ke kiri, masuk ke ;gawang sebelah kiri. Terakhir mundur kiri ke ‘garasi; lagi. Gampang bukan? Tidak. Hahahahha… bagi saya tidak gampang karena persyaratan supaya tidak gugur adalah: mobil tidak boleh berhenti-berhenti, jadi dari garasi ke gawang dan sebaliknya harus lancar sekali jadi, ngga boleh maju mundur maju mundur. Harus lihat ke belakang lewat spion, ngga boleh nengok-nengok ke belakang. Dan tentunya ngga ada tukang parkir di situ :D :D :D Waaaahh…

Peserta pertama, gagal. Peserta kedua berhasil. Peserta-peserta berikutnya gagal.. hihihi… mau tua muda, cowo cewe ngga pengaruh. Kirain kalo bapak-bapak (berkesan pengalaman) pasti lulus. Ternyata ngga juga. Kata bapak-bapak di sebelah saya (yang ikut ujian juga), harus tanpa beban (cieh..), ngga lulus ngga papa, lama-lama juga polisinya bosen terus kita dilulusin. Hahahha.. ah si bapa mah. Akhirnya yang cewe-cewe diduluin sama pak polisi, kasian katanya. Padahal ak pengen liat dulu, biar belajar. Ijin ambil mobil di luar, yang jauh itu tadi. Hehe. Begitu masuk, ngga lama suruh ngeluarin lagi. Yang nyuruh ibu-ibu polwan, katanya selama ada ujian ngga boleh masuk dulu. Lho? Gimana ini? Ya udah keluar lagi, tapi parkir di halaman kantor polisi.

Eh ada yang negor,

“mbak, mau kemana?”

”ujian sim,”

“oh maaf jangan parkir di sini, ini parkir mobil barang bukti.. ntar dikira barang bukti lagi..”

wakakakakak…. Heuuu… untung ada bapak2 baik hati ngasih tahu celah parkir deket situ. Masuk lagi. Eh ngga lama suruh ambil mobil lagi. Kayanya bapak-bapak yang ngetes ujian ini kucing-kucingan sama ibu-ibu polwan tadi. Ya.. ambil mobil lagi.. Begitu masuk, belum turun dari mobil, ak disuruh nunggu sebentar. Terus langsung giliran ak. Waduh.. belum siap. Tapi.. aah sudahlah. Dari garasi, ke gawang kanan, lancar. Berhenti dulu. Ternyata ada polisi di sebelah kanan, “Kalo saya bilang Ya langsung belok yah” mungkinkah karena cewe jadi di kasih aba2? Tapi ak iya-in aja. Mundur pelan-pelan, nunggu aba2. “Ya!”, kata pak polisi tadi.. beloklah ak pelan-pelan.. dari spion patok-patoknya nya nyaris ga keliatan. Tapi berusaha tetap pede. Yang kelihatan dari spion Cuma wajah-wajah para peserta ujian, ekspresi mereka datar aja, artinya apa ya? Artinya pantat mobil ak udah pas di pintu garasi.kata pak pol:"yak! silakan foto dan urus SIM nya"

hurraayy...Alhamdulillah ga usah nunggu lama n muter2 ke brangbang(daerah agak puncak gt) ak lulus n SIM A langsung di urus hehe...jadi sekarang bukan driver abal2 lagi deh:))

Tidak ada komentar:

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)
:)

selamat datang di blog aku

selamat datang di blog aku
menjadi pribadi yang baik itu banyak efek positif nya:) dan banyak cara ngedapetinnya. selamat mencari:D