Sabtu, 31 Mei 2014

pengemis yang sesuatu

Nih ya. Akhir2 ini pengemis berkeliaran di kompleks ak.

Pengemis 1
Gendong anak kecil, dia minta2 ke ak sambil nengadahkan tangan dan colek2 ak, ak kasih roti ke anak nya. Tapi dia minta uang lagi. Ak kasih tau uang itu dapetin nya harus kerja dulu, niat iseng ak suruh nyetrika katanya ga bisa pegang strika. Disuruh kerja yg lain2 ada aje alasan dia nolak kerjaan ny. Wah wah. Ya terpaksa ak ga bisa ngasih uang ke kamu. Ak bilang gt. Trus emang ibu mau juga anak ibu besok besar n dewasa ngikut jejak ibu?ngemis?minta2? Dia ga jawab. Diem aja sambil tangan nya masih mengadah masih mengharapkan pemberian ak. Malah bilang lagi kalau dia minta uang. Berarti dia ga mengerti kata2ku tadi??? Ak bilang aja. Maaf mbak, mungkin bahasa kita beda kok kayak nya mbak ga ngerti apa yg ak bilang td. Sekarang ak juga ga ngerti apa yg mbak omongin ke ak.
#lanjut jualan

Pengemis 2
Datang dihari yang sama jeda waktu 2jam dari pengemis 1. Badan kekar sehat KU baik dan membawa karung di pundak.
Dia menyodorkan kaleng kosong, lalu bilang minta beras mbak. Aku kasih roti dia tidak mau. Trus malah nyodorin kaleng lagi dan bilang lagi minta beras..minta beras..berkali- kali. Pembeliku kesal dan tanya asal dia dari mana. Dan apakah satu kelompok sama pengemis sebelumnya. Dia menjawab asalnya dari Karangasem. Pembeli td kaget dan bilang. Ah! Bohong! Orang karangasem itu terhormat, kalau mau makan beras ga sudi minta2. Apalagi sampai ke daerah orang. Saya dari karangasem! Saya ga sudi kalau kamu ngaku2 orang karangasem! Ganti alamat KTP mu secepatnya! Kata pembeliku marah.
Ditambah lagi. Badan mu lebih kuat dari aku. Kalau kakimu dipatahkan satu baru kamu pantas mengemis!

^^

Di kompleks ku ini, ada pernyataan" pengemis, pemulung dilarang masuk. "
Itu adalah pendidikan. Secara tidak langsung. Agar anak2 tidak meniru moral rendah mereka. Sangat ironi buat para pengemis yg sehat dan membawa anak2 yg masih kecil dan tidak tahu apa2. Kita hanya perlu memberi sedikit pendidikan kepada mereka. Bukan dengan gampang memberikan uang tanpa ada usaha. Semoga moral bangsa tidak buruk akibat "profesi" ini.

Tidak ada komentar:

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)
:)

selamat datang di blog aku

selamat datang di blog aku
menjadi pribadi yang baik itu banyak efek positif nya:) dan banyak cara ngedapetinnya. selamat mencari:D