Kamis, 01 Mei 2014

MayDay and Me




Di saat tidak ada kerjaan, ngetik memang yang paling masuk akal untuk dilakukan, apalagi hari ini (kebetulan) ak lagi gak ada jadwal jaga di pkm(puskesmas).Aku mau tulis sesuatu di hari buruh Internasional ini( MayDay). Dari pagi paspulang kerja jaga malam tadi, sampe rumah, biasa lah pemandangan yang monoton tiap paginya selalu sama. Di depan TV, tidak absen, Ibu ku dan mesin jahitnya,bapak ku masih dengan sarung nya, berkicau menanggapi berita di teve. Mau gamau deh ikutan nongkrong. Owh hari buruh begitu rame ternyata di beritakan di news beberapa stasiun teve tentang hari buruh.




Sekedar info ni ya, MayDay diperingati setiap tahun pada 1 Mei. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur di beberapa negara termasuk Indonesia yang untuk pertamakalinya pada tahun ini menjadikan may day sebagai hari libur nasional(harlinas). Hari libur tahunan ini berawal dari upaya gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Peringatan ini biasanya identik dengan aksi unjuk rasa para buruh di berbagai wilayah diIndonesia, mereka biasanya turun ke jalan untuk menuntut upah yang lebih layak.

Kalo ak sih fine- fine aja, May Day di jadiin harlinas, lumayan men sejahterakan seh, jatah liburan bertambah satu. Hehe



Dan ternyata eh ternyata, dari presiden sampe artis berkomentar berpendapat dan memberi selamat di hari buruh ini loh




Presiden SBY dalam akun Twitternya@SBYudhoyono berkicau untuk para buruh di Indonesia,



"Selaku KepalaNegara, saya mengucapkan Selamat Hari Buruh kpd para pekerja Indonesia. Semogaburuh semakin sejahtera. *SBY*".



"Kita semua setuju buruhHarus mendapat kesejahteraan yang baik , Selamat Hari Buruh Se-Dunia . #MayDay",tulis akun mantan wakil presiden Jusuf Kalla @Pak_JK.



Penyanyi rock&roll MelanieSubono dalam akunnya @melaniesubono mendukung para buruh untuk mendapatkanhaknya, "Selamat hari buruh sahabat para pejuang .... Ava picture gw,in respect u/para buruh yg akan slalu gw perjuangkan...1kata, LAWAN"



"Unt Sahabat2 Pekerja, selamatperingati Hari Buruh seDunia. Luruskan niat, kuatkan smaangat, agar semua dapatmaslahat& sejahtera unt semua",ucap politikus Hidayat Nur Wahid dalam akunnya @hnurwahid.



Tulis Ketua DPD RI Irman Gusmandalam akun Twitternya @Irmangusman_IG, "Selamat hari Buruh bagisahabat-sahabatku.semoga para Buruh di negeri ini menjadi lebih baik keadaannyadari hari ke hari".



*copas



Menanggapi twitter- twitter diatas,sebagai buruh ak ucapin terimakasih atas ucapan nya yach:D



Dan ak juga ga mau kalah dong. Pengen curhat juga nich, seputar pengalaman aku sebagai buruh. Meskipun(mungkin) substansinya ga ngena banget sama hari buruhnya setidaknya yah, Iwill (try to) post. Senyerempet- nyerempetnya pengen cerita pengalaman sehari-hari ak sebagai buruh aja deh. (sudi ga sudi mau ga mau kalian harus baca ya)


Haha



Pekerjaan ak ini sangat fun. Dan banyak cerita serta pengalaman seru nya.




Wilayah tempat kerja ak ini adalah di daerah pesisir pantai. Mata pencaharian masyarakat sini sebagian besar adalah nelayan. Melihat mereka, yang datang berobat seusia bapak ku, tapi masih gagah berlayar sampai membersihkan kerak perahu, bekerja dari pagi sampai pagi lagi, menghidupi keluarga dan anak- anak nya, datang ke UGD dengan di bopong rekan- rekan nya karena jari kaki nya terpotong terkena baling-baling perahu. Ternyata bapak itu sudah tidak awas penglihatan nya. Bahkan ada juga bapak- bapak usia 65 tahun yang datang pada saat jam satu malam dengan kondisi lemas, ternyata pingsan karena sesak napas saat berlayar di malam hari, karena udara dingin. Dan banyak lagi yang lain nya. Tidak jarang kami terenyuh dengan kondisi mereka. Tidak jarang juga merawat mereka dengan mata berkaca- kaca.



Baru beberapa hari yang lalu, ada seorang ibu seusia ibuku,dibopong ke UGD dengan beberapa orang. Ternyata ibu itu korban tabrak lari. Kondisi ibu itu sangan memprihatin kan. Mengeluarkan darah dari telinga dan hidung dan tidak sadarkan diri. Maka segera kami merujuknya ke RSU. Menurut saksi mata ibu ini sudah berjalan pada posisi yang benar dengan menyunggi dagangan di atas kepalanya, tetapi tiba- tiba ada sepeda motor dengan kecepatan tinggi yang menabraknya dari belakang. Di duga pelaku adalah siswa sma dan dalam kondisi mabuk karena mengendarai motor dengan ugal- ugalan. Pelaku sempat terjatuh dan diduga dalam kondisi terluka. Di bagian kepala karena tidak menggunakan helm dan melarikan diri ngebut dengan motornya. Saksi tidak sempat mengejar karena buru- buru menolong ibu itu. Mendengar keterangan saksi kami spontan mengumpat-umpat anak SMA pemabuk itu.




Sesaat setelah kejadian itu, ada pasien lagi datang ke UGD. Seorang anak ber seragam SMA, berambut kuning, yang menahan sakit karena luka lebar di bagian pelipis dan kepala. Dan, ugh...bau alkohol keras sekali tercium. Menurut keterangan ayah nya yang mengantarnya, anak nya jatuh di suatu tempat. Ternyata tempat yang sama denga TKP ibu korban tabrak lari tadi. Oke..




“pak, mohon keluarga menunggu diluar ya, kami akanmenangani anak bapak.”




Tanpa di komando, penjaga loket, penjaga apotik, sampai sopir ambulans semua masuk UGD . Mengunci pintu masuk , menutup gordein dan memakai hand scoon(sarung tangan) serta masker. Dan langsung mempasung si preman cilik ini. Mereka bilang, mbak, ga usah di bius, sepertinya dia udah kebal nih kata mereka beringas. Saat aku lihat luka robek nya lumayan lebar juga. Kesadaran nya tidak sadar penuh karena mabok. Sepertinya ini saat nya memberi pelajaran untuk curut kecil ini.



“oke, adik- adik magang yang pengen belajar jahit luka silakan ya. Ga usah di bius, sepertinya anak ini udah jagoan kok.”



Maka terjadilah pembalasan dendam yang membuat kami sangat puas memberi pelajaran kepada anak berandal itu. Terdengar teriakan dan sumpah serapah berandalan kecil itu dari dalam ruangan UGD. Tanpa obat bius, proses gosok luka dilakukan 3orang anak magang sengaja agak lama(biar bersih), dan jahit luka selama satu jam di gilir oleh 3 orang anak magang yang sedang belajar. *lega



Dan....banyak lagi cerita mengharukan lain nya.



Tapi jangan salah, dibalik pekerjaan kami yang murni berniat menolong, ada saja pihak yang tidak menghargai profesi kami, sepertiLSM yang (katanya) pintar, sampai profokator yang menyebarkan berita murahan diluar sana. Tapi, yah kembali kepada, kita hanya buruh. Melaksanakan apa perintah atasan. Selagi atasan kita benar2 leader yang Substansial. Kami bisamenjamin profesonalitas kami sebagai buruh (tenakes). Asalkan kesejahtreraan dan hak kami kami dapatkan.



Loh, trus hubungannya dengan May Day apa ya? kok lebih ke curcol? Haha





Oke..




Menurut aku, kalau membicarakan masalah peringatan haribesar itu, berkaitan dengan sosok. Sosok yang mencetuskan hari itu sebagai hari besar, sosok penggerak massa yang mempengaruhi sehingga hari besar itu ada,atau sosok- sosok lain lah yang ada hubungan nya sehingga hari besar itu bisa diperingati anak cucu kita di kedepan nya kelak. Nah, kalau ak nih, sosok yang menonjol di kehidupan ak selama ak jadi buruh adalah, rekan satu tim ak selama lebih dari lima siklus, sekaligus senior ak, yaitu ibu Astari. Yah, ini bukannama samaran yang di keren- kerenin seperti di koran- koran. Contohnya korban perkosaan bernama saminem di wangi-wangi in menjadi “Bunga”. eh, tapi jangan salah, kita punya panggilan kerenuntuk ibu Astari ini. Tersebutlah sebuah nama: “Mbak Tari”. Karena pembawaannya yang ceria ibu satu ini tidak mempermasalahkan panggilan ini. haha

oh iya, ngomong- ngomong soal nama nih, suatu hari ada sebuah nama yang add ak di salah satu jejaringsos. Atas nama eza Astari. Waw keren nih mbak tari udah punya FB. Okey, ak addlah ya, tiba- tiba ada message by inbox.






hahahaha..*hush



ak menghargai banget ibu Astari ini sebagai senior yang akan pensiun tetapi tetap semangat dan disiplin mengikuti shift jaga pagi,siang, malam. Dan sesuatu yang bikin seneng adalah kami tidak khawatir bakalan kelaparan kalo jaga malam bareng dia. Selalu bawa makanan. Ini sangat mendukung prinsip hidup ak, asal kenyang, hati senang. Haha



Perlu di teladanimeskipun beliau produk kolonial, setiap tidur saat jaga malam mbak tari ini tidak pernah memakai selimut ataupun bantal. Sesuatu yang waw bagi ak. Bukan nyaapa. AC di ruang jaga kita ditambah udara malam kan lumayan dingin, ditambah lagi alas tidur yang lebih tipis dari pembalut ak sangat yakin bisa jadi pemicu reumathoid artritis dini. Tapi, tidak dengan ,mbak tari. Tidurnya tetap tidakterganggu. *applause



Pernah iseng suatu hari ak menanyakan, buk kenapa sih gapakai selimut, ga pakai bantal, emang ga kedinginan?



‘dik, ibu udah terbiasa jaga malam tidur dengan tigakberselimut dan berbantal. Berawal jaman dahulu selagi ibu menjadi pegawai baru,ibu selalu ingat sumpah ibu kepada guru ibu, kalau jaga itu ya jaga. Bukan tidurnyaman dengan selimut tebal dan bantal empuk. Begitu dik, sehingga ibu sangat patuh kepada kata- kata guru ibu itu. Bisa dikatakan sebagai sumpah lah ya. tapi alas tidur ja,an ibu dan alas tidur kita sekarang, lebih nyaman dulu sih.'


(mbak tari mengaduh ngilu lagi)



“lah itu kan dulu bu, jaman dulu mana ada AC? Jujur ya bu,kalau saya melihat ibu itu tertidur trus besok nya sendi- sendi ngilu dan rematik, saya sedih bu, membayangkan, bagaimana seandainya ibu saya sendiriyang berada di posisi ibu. Coba di pikirkan lagi masalah selimut dan bantal bu,meskipun kita tidur beralaskan tikar, setidak nya ibu tidak kedinginan. Dan,emang sekarang guru nya itu ibu masih hidup????” agak emosi juga dengan sumpah kolonial itu. Ak menoleh ke arah bu Astari.



“grokKK....groKk...ZZzzzz....”



Ye lah, dia udah ngorok.



Dalam menyambut hari buruh ini, berita gembira bagi timjaga malam pkm 2 negara yaitu, KASUR BARU. Yeayy. Setidak nya keluhan encok- encok sudah berkurang lah ya. kami sangat senang sekali. semoga kinerja dan profesionalitas juga makin membaik.



Selamat hari buruh ya:D















Tidak ada komentar:

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)
:)

selamat datang di blog aku

selamat datang di blog aku
menjadi pribadi yang baik itu banyak efek positif nya:) dan banyak cara ngedapetinnya. selamat mencari:D