Selasa, 10 Februari 2015

Cabe- cabean Syar'i

Di kota ku ini ada pemukiman muslim yang me-legenda. Peninggalan bersejarah nya bisa bercerita banyak tentang pengaruh penduduk pemukiman ini terhadap peradaban muslim di Bali. Loloan.

Tapi aku ga cerita tentang sejarah Loloan ya. Aku mau cerita kondisi sekarang. Spesial di generasi muda nya. Kalau lewat sana, pengguna jalan nya sering banget asal2an. Semrawut. Kemaren waktu melintasi daerah ini aku hampir aja nabrak 3ekor anak cabe2an yang naikin satu motor. Masalah nya mereka tiba2 motong jalan utama. Karena kaget aku mendadak ngerem. Dan alhasil mereka kaget trus terjatuh gitu. Bemper mobil belakang ku juga hampir di tabrak mobil yang di belakang nya lagi.

Astaghfirullahal adzim.

Aku langsung turun lah. Ngelihat keadaan tiga anak cabe2an itu. Oh. Ternyata pakai jilbab. Satu anak pake jilbab tapi celana nya pendek. Daleman nya stocking. Satunya lagi pake jilbab tapi lengen nya pendek. Sisanya ini aneh juga. Pake jilbab, tapi baju transparan. Everyone can see. Dari daleman sampe usus 12 jari nya keliatan semua.

Ckckck. Untung ga ada yg terluka.

"Hoi cabe2an. Kalian kenapa potong jalan tiba2 gitu sih? Pada mabok?"

"Maaf kak maaf...kita salah...tapi kita cabe2an syar'i kok kak....jangan tuntut yah...kan kita sodara semuslim."

"Syar'i sebelah mana? Hampir aja ada korban jiwa. Satu motor itu maksimal buat 2 orang dewasa. Pakaian kayak begitu ngaku syar'i. Cabe2an tetep aja cabe2an. Kalo gini terus bakal di ulek warga. Ga takut nanti tua nya jadi sambel?"

Fufufu.

Aku emang emosian saat itu. Habisnya. Nyaris terjadi kecelakaan beruntun. Nyaris nabrak. Fuh. Kalau eyang Buyut Lebai(*) hidup lagi bisa di jewer satu2 itu cabe2an syar'i. Watak generasi muda juga mempengaruhi nama baik sejarah loh. Waspadalah.

(*)Buyut Lebai: Leluhur yang berpengaruh di Loloan. Makam nya dijadikan salah satu tempat ziarah orang muslim tertentu.

Tidak ada komentar:

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)
:)

selamat datang di blog aku

selamat datang di blog aku
menjadi pribadi yang baik itu banyak efek positif nya:) dan banyak cara ngedapetinnya. selamat mencari:D