Sabtu, 24 Januari 2015

Menjadi Kakak

"Mbak uti kan lagi pilek...jangan deket2 adek bayi ya. Nanti ketularan. Jangan bobok deket adek bayi ya. Nanti adek bayi nya ketindihan. Jangan main2 deket kamar nanti adek bayi bangun."

Si putri kecil ini pulang sekolah ga lagi di jemput mami. Tapi udah pake mobil antar jemput TK. Yang ngeharusin dia bangun pagi2 banget dan pulang paling terakhir karena rumah si putri paling jauh.

Pulang sekolah sudah mulai lepas sepatu sendiri. Ganti baju sendiri. Mandi sendiri. Sudah mulai ada peraturan baru sejak adik bayi lahir. Harus bobok di kamar sendiri. Ga bobok sama mami lagi.

Seneng banget karena adek bayi lucu kecil putih ngegemesin. Kecewa karena adek bayi bukan perempuan. Tapi laki2. Dan cengeng. Nangis nya keras banget dan tiba2. Bikin aku tersedak saat makan. Bikin aku susah tidur. Bikin perhatian mami kurang ke aku. Bikin bapak kerja lembur supaya bisa beli susu buat aku dan adek bayi.

Adek bayi ini ga bisa di bando in. Ga bisa di pakai kan baju lama dari aku. Padahal udah aku minta ke mami untuk di simpen buat adek bayi kalau lahir perempuan.

Mulai ada orang asing datang dan tinggal di rumah. Pengasuh adek bayi yang hobi nonton sinetron jendela rumah kita dan siti nurbaya. Aku jadi ga bisa nonton si unyil dan kura2 ninja.

"Mbak utiii....!! Kan mami udah bilang. Jangan deket2 adek bayi kalo lagi pilek! Bandel yah!" Mami nge jewer telinga aku.
Itu jeweran pertama mami ke aku. Telinga aku sebelum nya di bisikin kata2 lembut dan manis. Sekarang kerasa sakit. Meskipun mami ga keras ngejewernya. Ga tau kenapa kerasa sakit banget. Aku ga boleh nangis kalau ga mau di jewer lagi. Karena kalau aku nangis adek bayi bisa bangun.

Aku cuma bisa manyun dan gondok ngeliat adek bayi yang bobok nyaman banget sambil ngorok. Sedangkan aku sakit pilek batuk dan sakit hati.

"Awas ya kalau cium2 adek bayi lagi. Kalau adek bayi ketularan sakit pilek, itu bibir manyun juga mami jewer!"

Mami pergi ke dapur sambil masih ngomel2. Sejak ada adek bayi tengil ini mami jadi gampang marah2.

Aku mulai ngupil ingus aku. Aku olesin ingus aku ke lubang hidung adek bayi. Aku melenggang pergi bermain sambil tersenyum puas.

Mulai saat itu kehidupan aku berubah. Aku bukan anak tunggal yang manis dan kesayangan bapak ibu aku lagi. Tapi aku kakak tertua yang jahil dan usil dari adek2 yang bandel dan tengil.






Tidak ada komentar:

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)

Pengalaman sangat berharga. Aku menghargai pengalamanku dengan menulisnya. Selamat membaca:)
:)

selamat datang di blog aku

selamat datang di blog aku
menjadi pribadi yang baik itu banyak efek positif nya:) dan banyak cara ngedapetinnya. selamat mencari:D